"BAKSO" Pesta

Cara Mudah Menyajikan Bakso Saat Membuat Pesta Di Rumah

Olahan daging kenyal disiram kuah gurih, pasti semua kenal dengan makanan ini. Apalagi kalau bukan bakso. Istilah Bakso,  pada umumnya menunjuk kepada  bola daging yang dibuat dari campuran daging giling dan tepung tapioka.

Sedangkan yang disebut sebagai "satu porsi bakso" adalah campuran bakso dengan tahu, toge, kubis, mie atau bihun, telur, dan juga kulit pangsit. Pada beberapa daerah ditambahkan dengan siomay, tomat, dan lain-lain. Kemudian disiram kuah kaldu dan diberi sedikit potongan daun bawang serta bawang goreng.

Bakso sangat mudah ditemukan, mulai dari pedagang keliling hingga restoran besar. Bahkan ada pula bakso yang dijual di super market dalam keadaan beku dimana hanya perlu memanaskan untuk menikmatinya. Dan saat ini, kuliner tersebut sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat di Indonesia. Walaupun berdasarkan catatan sejarah, bakso berasal dari Tiongkok.

Makanan enak ini ditemukan secara tidak sengaja. Yaitu pada awal abad ke-17 akhir dinasti Ming di Fuzhou. Pada masa itu ada seorang pemuda bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo terkenal sebagai anak yang berbakti kepada ibunya. Hingga suatu saat ia menemui masalah dengan ibunya  yang sudah mulai menua, yaitu mulai sulit mengunyah olahan daging . Padahal sang ibunda sangat menyukai daging.

Ia kemudian mencari cara mengolah daging agar lebih mudah disantap. Idenya muncul ketika melihat tetangganya yang sedang membuat kue moci yang terkenal dengan kelembutan teksturnya. Bahan utamanya adalah beras ketan yang ditumbuk sampai halus. Meng Bo kemudian melakukan hal yang sama dengan tujuan untuk melembutkan daging. Hasilnya ternyata sesuai dengan harapan, daging yang cenderung alot atau keras bisa menjadi lebih lembut. Untuk memudahkan saat menyantapnya, Meng Bo mencampurkan daging yang telah ditumbuk, dengan sedikit tepung agar dapat dibentuk menjadi bulat.

Bulatan daging tersebut kemudian diolah dengan cara direbus. Ternyata... rebusan bola daging tersebut disukai oleh ibunda tercinta. Bukan saja karena mudah disantap, tetapi juga aroma yang muncul ketika bola daging itu direbus sungguh mengugah selera. Sejak saat itu, bakso menjadi makanan favorit keluarga Meng Bo dan dihidangkan kepada para tamu dan handai taulan yang datang ke rumahnya.

Cerita tentang kelezatan olahan daging Meng Bo pun tersebar luas hingga ke seluruh Kota Fuzhou. Tak hanya tetangga namun banyak penduduk yang berdatangan untuk belajar membuat bakso yang dibuat Meng Bo. Dan resep tersebut akhirnya menyebar keseluruh pelosok tiongkok bahkan lintas benua.

Bakso yang kita kenal saat ini diperkenalkan oleh pedagang tiongkol yang menetap di Indonesia. Namun demikian, bakso di Indonesia telah mengalami perubahan pada resep asli, yaitu mengganti daging babi dengan daging sapi. Begitu juga dengan bumbu, telah menggunakan rempah-rempah yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Walaupun tak mirip dengan resep asli, namun daging bakso yang empuk tetap menjadi ciri khas dari masakan ini.

 

Butuh Bakso untuk Pesta di daerah BOGOR, CIPANAS, CIANJUR, sok di kepoin wa 089670198197. Rasa di jamin ga mengecewakan

bakso pesta 2

Item terkait

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Menu Spesial

 
nasi goreng daging sapi maranggi
 
Dibuat dari beras pilihan, dipadu dengan daging sapi has dalam (tenderloin) yang diolah dengan bumbu spesial Maranggi. Hanya Rp20.000,- Nikmati kelezatannya DISINI
 
 

Food Truck

Tak Cukup Modal Untuk Memulai Usaha Kuliner? Food Truck Adalah Pilihan Tepat!
-------------------------
Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi. food truck classicBisnis kuliner menggunakan Food Truck dianggap paling tepat bagi pengusaha pemula yang hendak membuka restoran atau kafe, namun terbentur modal yang tidak terlalu besar. Walaupun konsep ini di Indonesia baru dikenal beberapa tahun kebelakang. Food Truck memiliki sejarah yang sangat panjang. Simak kisahnya DISINI.